Sunday, November 30, 2014

Capital Budgeting

Konsep Capital Budgeting
Capital budgeting adalah proses pengambilan keputusan jangka panjang yang merupakan keputusan-keputusan penting yang harus diambil. Semua itu memerlukan pengeluaran untuk modal dan akan kembali secara bertahap melalui keuntungan/ manfaat di masa mendatang.

Pengambilan keputusan dalam pengeluaran modal (capital expenditure/ budgeting) memerlukan 4 tahap penting sebagai berikut:
·         Membuat beberapa alternative proyek investasi
·         Mengevaluasi pro dan kontra dari masing-masing alternative tersebut
·         Memilih satu alternative
·         Menerapakan keputusan

Metode yang dapat digunakan untuk dapat mengevaluasi berbagai alternatif investasi barang modal untuk dapat dipilih yaitu, payback period (PB), return on investment (ROI,  Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR) dan profitability Index.

Pay Back Period
Payback Period (PBP) adalah jangka waktu tertentu yang menunjukan terjadinya arus penerimaan (cash in flows) secara kumulatif sama dengan jumlah investasi dalam bentuk present value. Rumus yang digunakan dalam menghitung payback period yaitu:
·      Rumus periode pengembalian jika arus kas per tahun jumlahnya berbeda
Payback Period=n+(a-b)/(c-b) x 1 tahun
n = Tahun terakhir dimana jumlah arus kas masih belum bisa menutup investasi mula-mula
a = Jumlah investasi mula-mula
b = Jumlah kumulatif arus kas pada tahun ke – n
c = Jumlah kumulatif arus kas pada tahun ke n + ³
·      Rumus periode pengembalian jika arus kas per tahun jumlahnya sama
Payback Peiod=(investasi awal)/(arus kas) x 1 tahun
Payback Period = outlay  x  1 tahun
                               Proceed
·      jika payback periode > umur ekonomis, investasi ditolak
·      jika payback periode < umur ekonomis, investasi diterima

Net Present Value
Net Present Value adalah selisih Present Value dari keseluruhan Proceed dengan Present Value dari keseluruhan investasi. Net Present Value (nilai sekarang bersih) merupakan metode yang dipakai untuk menilai usulan proyek investasi yang mempertimbangkan nilai waktu dari uang.
penghitungan NPV menggunakan tabel bunga dan cash flow  setiap tahun jumlahnya sama, digunakan rumus sebagai berikut:
NPV = (Cash flow x Discount factor) – Original investment

Internal Rate of Return
IRR berasal dari bahasa Inggris Internal Rate of Return disingkat IRR yang merupakan indikator tingkat efisiensi dari suatu investasi. Suatu proyek/investasi dapat dilakukan apabila laju pengembaliannya (rate of return) lebih besar dari pada laju pengembalian apabila melakukan investasi di tempat lain (bunga deposito bank, reksadana dan lain-lain)

Penerapan capital budgeting dalam keuangan pendidikan
Manfaat capital budgeting dalam lembaga kkeuangan pendiidkan lebih berguna sebagai alat kontrol keuangan. Di lembaga pendidikan diperlukan adanya perencanaan anggaran yang matang dan kontrol yang lebih baik untuk mengawasi biaya yang akan dibelanjakan. Kontrol dalam anggaran diperlukan untuk melihat apakah biaya yang dikeluarkan selama ini sudah melewati limit anggaran atau tidak. Lembaga pendidikan juga dapat mempertimbangkan berbagai program atau investasi yang perlu dijalankan atau bahkan dihentikan di tengah jalan.

No comments:

Post a Comment