Wednesday, March 12, 2014

Pertemuan Ke-6 Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan: MARKETING MIX

Hari Selasa untuk kedua kalinya kami melaksanakan kegiatan mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan di Gedung IDB Building 1 UNJ. Materi yang kami dapat setiap minggunya semakin mendalami tentang materi pemasaran. Kali ini kami membahas tentang Marketing Mix.

Marketing Mix atau Bauran Pemasaran adalah sejumlah alat-alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk meyakinkan objek pemasaran atau target pasar yang dituju. Mengapa disebut dengan Marketing Mix? Karena hal tersebut dipengaruhi oleh campuran banyak sekali faktor yang saling berhubungan dan saling berpengaruh.

Dalam Marketing Mix sekarang ini yang digunakan sebagai acuan bukan lagi hanya 4Ps, melainkan sudah bertambah menjadi 7Ps.
Banyak yang telah mengenal bahwa strategi marketing adalah 4Ps yaitu:

  1. Price
  2. Product
  3. Promotion
  4. Place
Namun dengan pengertian Marketing Mix yang baru, sekarang kita mengenal 7Ps yaitu:
  1. Price
  2. Product
  3. Promotion
  4. Place
  5. People
  6. Process
  7. Physical Environment

MARKETING MIX
  • Product (PRODUK/JASA)
Desain, Teknologi, Kegunaan, Kenyamanan, Nilai, Kualitas, Kemasan, Merek, Aksesori, Garansi

Product (Produk/Jasa), meliputi unsur-unsur jenis-jenis produk, kualitas, desain, features (fasilitas dan kegunaannya), brand-name, kemasan, ukuran, pelayanan, garansi, dan penggantian jika terjadi kerusakan.

Produk
Metode yang digunakan untuk meningkatkan / membedakan produk dan meningkatkan penjualan atau target penjualan yang lebih efektif untuk mendapatkan keuntungan kompetitif.
 - Strategi berkelanjutan
 - Versi khusus
 - Edisi baru
 - Penyempurnaan
 - Perubahan

STRATEGI BERKELANJUTAN
Sebuah usaha yang ingin memperpanjang masa dari sebuah produk yang telah mencapai kematangan atau penurunan dan dapat mengubah satu atau lebih dari bauran pemasaran dengan mengubah:
- Produk, mengubah kemasan, memperkenalkan versi baru
- Harga, mengurangi harga untuk menarik pelanggan
- Promosi, memperkenalkan kampanye iklan baru
- Tempat, merubah dimana produk itu bisa dibeli, misalnya on-line

MEREK
- Sebuah produk dengan ciri khasnya
- Dengan cepat dikenali melalui logo, kemasan, rasa, iklan dan fitur lainnya
- Diyakini jaminan kualitasnya
- Beberapa merek memiliki "snob value", mempunyai nilai yang menimbulkan kebanggaan tersendiri ketika digunakan seperti Syahrini yang mempunyai lamborgini tentu saja akan bangga ketika mengendarainya di jalanan ibukota
- Biasanya dikenakan biaya lebih

BRAND LOYALTY (SETIA TERHADAP SATU MERK TERTENTU)
Beberapa pelanggan yang setia kepada merek tertentu mereka akan membeli merek tersebut lagi dan lagi dan juga produk lainnya yang terkait. Misalnya konsumen yang menggunakan produk fairy washing up liquid tentu saja akan menggunakan produk lainnya dengan merek yang sama seperti produk fairy washing powder dan fairy dishwasher powder.

Produk ini sering dijual di tempat-tempat yang memperkuat brand image, misalnya minuman olahraga di pusat-pusat rekreasi

  • Price (HARGA)
Price (Harga), meliputi unsur-unsur daftar harga, potongan, bonus, jangka waktu pembayaran, aturan kredit. Harga biasanya digunakan oleh konsumen/pelanggan sebagai indikator kualitas. Artinya kalau harganya mahal seharusnya kualitasnya baik, dan sebaliknya, kalau harganya murah, maka produk/jasa yang dibeli biasanya kualitasnya tidak baik.


Berapa harga yang terbaik untuk produk?
Pengisian harga yang tepat adalah bagian yang sangat penting dari bauran pemasaran. Berapa besar harga yang akan Anda tetapkan akan tergantung pada
- Berapa biaya untuk membuat produk Anda
- Berapa besar harga yang pesaing Anda berikan
- Apakah Anda sedang mencoba untuk memperkenalkan produk baru
- Citra yang Anda inginkan untuk produk Anda

KEPUTUSAN PENETAPAN HARGA
- Sebuah harga yang rendah akan menarik penjualan. Hal ini memungkinkan untuk menjual dalam jumlah besar dengan biaya rata-rata yang rendah. (mobil second)
- Sebuah harga rata-rata, berarti Anda harus bersaing dengan pesaing Anda dengan cara selain harga, misalnya dengan memiliki kualitas produk yang lebih baik atau promosi atau iklan yang lebih baik. (mobil baru)
- Sebuah harga yang tinggi dapat dikenakan jika produk Anda terlihat lebih baik daripada pesaing Anda. (mobil alpard)

TEKNIK PENETAPAN HARGA

ü  Time-based, Cocok untuk memperbaiki mesin cuci di mana harga tergantung pada seberapa lama pekerjaan dibutuhkan
ü  Cost plus, Menghitung berapa banyak biaya untuk membuat sebuah produk kemudian menambahkan laba
ü  Start-up penetration pricing, Sebuah perusahaan membawa keluar produk baru atau mencoba masuk ke pasar mungkin menetapkan harga rendah pada awalnya untuk menarik konsumen (penetrasi).
ü  Off the top or price skimming, Produk yang memiliki gengsi atau produk yang baru sangat dicari sering dapat dijual dengan harga tinggi karena konsumen ingin dikaitkan dengan produk bergengsi tersebut.
ü  Destroyer, Menjual produk dengan harga yang sangat rendah dalam rangka untuk menghancurkan pesaing. Setelah perusahaan saingan telah dipaksa keluar dari bisnis harga produk akan meningkat.
ü  Market orientated, Menjual produk dengan harga sesuai dengan pesaing. Ini adalah yang sering terjadi dimana ada banyak kompetitor

  • Place (PENEMPATAN)
Place (Tempat) adalah berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain saluran, cakupan, aneka, lokasi, persediaan, dan transportasi.

PENEMPATAN PASAR
Tidak peduli seberapa baik produk, produk harus berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat (Menjual bubur harus Pagi agar menjadi makanan untuk orang sarapan)
Pembeli dan penjual bertemu dengan cara berikut
- Toko
- Pembayaran langsung dan dibawa
- Kios
-TV (saluran belanja)
- Internet
- Surat kabar dan majalah
- Pemesanan dengan email (pelanggan yang berlangganan email )
- Email yang ditujukan langsung (lebih Fokus kepada siapa email yang akan dituju)
- Pabrik

SALURAN DISTRIBUSI
- Pabrik ke Grosir lalu ke Pengecer baru pada akhirnya ke Konsumen
- Pabrik ke Pengecer lalu ke Konsumen
- Dari Pabrik langsung ke Konsumen

TEMPAT
- Sarana yang produk dan jasa dapatkan dari produsen
- Untuk konsumen di mana mereka dapat diakses oleh konsumen

  • Promotion (PROMOSI)
Promosi (promosi) adalah berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.

Tujuan promosi adalah untuk
- Membujuk konsumen untuk membeli produk
- Menginformasikan konsumen tentang produk
- Mengingatkan konsumen bahwa produk tersebut masih ada

MEDIA PERIKLANAN
- Televisi
- Koran - nasional , Minggu , lokal
- Majalah
- Radio
- Cinema
- Media outdoor - billboard, papan iklan olahraga, halte bis
- Internet
- Email yang ditujukan langsung

Di atas jalur produksi
Ini menargetkan semua orang, bahkan mereka yang tidak tertarik pada produk
- TV
- Radio
- Koran
- Majalah

Di bawah garis produksi
- Bisnis memiliki kontrol langsung
- Email yang ditujukan langsung (pos atau email)
- Penjualan pribadi
- Perdagangan pameran

Pemilihan media iklan tergantung pada :
- Produk

Para penonton yang akan ditargetkan
- Jenis cakupan , misalnya nasional atau lokal
- jumlah yang Anda ingin habiskan
- iklan yang digunakan oleh pesaing

Promosi penjualan
- Bujukan jangka pendek digunakan untuk mendorong penjualan

Ada 2 kelompok promosi penjualan
• Ke jaringan pipa
• dari jaringan pipa

Promosi
- Strategi untuk membuat konsumen menyadari keberadaan suatu produk atau jasa
- Bukan hanya iklan

No comments:

Post a Comment