Thursday, February 13, 2014

Pertemuan Ke-2 Manajemen Pemasaran Jasa

Pada hari Selasa yang lalu tepatnya tanggal 11 Februari 2014, telah berlangsung mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa yang dihadiri oleh mahasiswa Manajamen Pendidikan 2012 B di Ruang 307 Gedung Daksinapati Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ. Pertemuan kali ini adalah pertemuan yang kedua setelah sebelumnya telah ada pertemuan pertama yang dihadiri oleh Bapak Amril Muhammad sebagai dosen mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa.

Pada pertemuan yang pertama, Bapak Amril telah sedikit memperkenalkan tentang dunia marketing, terutama yang berhubungan dengan pendidikan. Berlanjut pada pertemuan kedua, dibahas mengenai konsep dasar pemasaran jasa.


Dimulai dari yang paling dasar,


Apa itu marketing? 
Marketing adalah sebuah proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang dibutuhkan dan diinginkan melalui pembuatan dan pertukaran produk dan nilai dengan yang lainnya.

Lalu, apa itu produk?

Produk adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan kepada pasar untuk memperoleh perhatian konsumen, digunakan atau dikonsumsi untuk memenuhi kepuasan apa yang diinginkan konsumen ataupun yang dibutuhkan konsumen yang macamnya adalah objek fisik, pelayanan, orangnya, lembaga yang mengelolanya dan ide-ide.

Produk terdiri dari 2 jenis, yaitu:
1. GOODS (Tangibels), bisa disentuh dengan panca indera kita seperti produk makanan.
2. SERVICE (Intangibels), tidak bisa disentuh tetapi bisa dirasakan, produk seperti ini adalah produk jasa seperti seorang tukang cukur rambut yang kita bayar setelah mencukur rambut karena kita telah menggunakan jasa nya.

Di dalam dunia marketing ada beberapa kata kunci yang harus diperhatikan, seperti:

1. VALUE (nilai)
2. SATISFACTION (kepuasan)
3. QUALITY (kualitas)
4. EXCHANGE (pertukaran)
5. TRANSACTION (transaksi)
6. RELATIONSHIP (hubungan)

Ada lima konsep yang berkembang dalam dunia pemasaran, yaitu:

1) Konsep Produksi (Production Concept)
Barang yang diproduksi gampang dicari dan ditemukan dimana-mana hingga ke pelosok negeri, Barang yang di produksi pun akan diproduksi secara massal dan yang terpenting dalam konsep ini adalah terpenuhinya kebutuhan konsumen.

2) Konsep Produk (Product Concept)
Konsep ini berpikiran bahwa barang yang dihasilkan harus berkualitas karena konsumen akan lebih memperhatikan mutu barang tersebut sebelum membelinya.

3) Konsep Penjualan (Selling Concept)
Dalam hal ini produsen menghasilkan barang dan kemudian harus menjual barang tersebut dengan menggunakan berbagai macam cara promosi seperti iklan di media sosial, iklan komersial di tv, baliho, maupun poster.

4) Konsep Pemasaran (Marketing Concept)
Produsen tidak hanya membuat barang tidak juga melakukan promosi secara asal-asalan melainkan memusatkan perhatian terhadap selera konsumen.

5) Konsep Sosial (Societal Marketing Concept)
Produsen selain menghasilkan barang untuk dijual juga memperhatikan keadaan lingkungan sosial untuk menarik konsumen agar membeli barang yang mereka hasilkan. Seperti contohnya sabun lifebuoy yang melakukan gerakan mencuci tangan untuk masyarakat agar pada nantinya setelah kegiatan tersebut mereka berharap para konsumen tetap menggunakan barang yang mereka jual.

No comments:

Post a Comment